Tips Mendaki Gunung Kerinci

Tips Mendaki Gunung Kerinci – Melihat alam dari dekat akan menjadi sebuah pengalaman yang menakjubkan. Bahkan yang sering naik gunung saja masih kecanduan untuk menikmati alam di ketinggian. Mendaki gunung di zaman milenial sekarang ini menjadi sebuah kebutuhan sebagai mengisi waktu libur. Namun mendaki gunung sebaiknya jangan dianggap enteng. Perlu persiapan khusus yang harus dilakukan, serta kesiapan fisik dan mental.

Belakangan ini aktivitas mendaki gunung berketinggian 3805Mdpl ini menjadi rutinitas, banyak para pendaki dari lokal maupun mancanegara berbondong-bondong untuk mengejar puncak tertinggi sumatera ini.

Disini Mimin akan bercerita tentang tips mendaki Gunung Kerinci. Tips ini dirangkum dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi.

Tips Mendaki Gunung Kerinci

1. Rencanakanlah perjalanan dengan matang, manajemen waktu, peralatan, logistik, dan kesiapan fisik. Waktu terbaik mendaki gunung pada musim kemarau sekitar bulan Maret – September. Carilah informasi terbaru yang akurat tentang kondisi Gunung Kerinci terlebih dahulu. traveler bisa langsung bertanya kepada Tim kami tentang informasi wisata yang ada di Kerinci.

2. Setelah memutuskan untuk mendaki langkah berikutnya mempelajari gunung yang akan didaki dengan cara mengumpulkan informasi, mencari gambaran umum tentang Gunung Kerinci. Yang paling penting adalah perihal ketersediaan sumber air, perizinan dan jalur pendakian.

3. Mendaki gunung membuatuhkan kesiapan fisik. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan olahraga sebelum pendakian seperti olahraga joging atau lari untuk mengatur pernafasan dan melatih otot kaki.

4. Pendakian harus penuh persiapan. Membawa alat navigasi seperti peta lokasi pendakian hingga kompas. Minimal seorang dari tim harus paham bagaimana membaca peta dan orientasi di alam terbuka.

5. Bawalah peralatan pendakian yang sesuai. Jacket waterproof/windproof sangat dianjurkan, tenda double layer, sleepingbag, perlengkapan logistik dan perlengkapan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

6. Gunakanlah Kostum khusus yang cocok untuk kegiatan outdoor. Sebisa mungkin janganlah menggunakan Jeans saat mendaki.

7. Hitunglah dengan benar berapa lama perjalanan untuk menyesuaikan kebutuhan logistik yang dibawa, jangan sampai kurang dan siapkan cadangan untuk kondisi darurat.

8. Bawa makanan manis seperti gula, coklat karena dengan mengkonsumsi makanan ini bisa memulihkan energi yang habis saat mendaki. Makanan manis merupakan sumber kalori yang mudah diproses oleh tubuh sehingga energi cepat pulih.

9. Peralatan medis merupakan yang paling penting untuk pertolongan pertama. jadi jangan sampai lupa.

10. Jangan malu untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian. Berdiskusilah dengan orang yang lebih berpengalaman.

Baca Juga: Gunung Kerinci, Danau Kaco

11. Ukurlah kemampuan diri, atur ritme perjalanan agar tidak mudah lelah saat mendaki

12. Dirikan tenda di tempat yang aman.

13. Summit dengan aman, pastikan cuaca tidak sedang berkabut atau badai. Diperkirakan pendaki yang tersesat/hilang di Gunung Kerinci mendaki saat kabul tebal dan badai.

Itulah Tips Mendaki Gunung kerinci. Jika ada yang kurang mohon komentar nya ya……………

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *