danau Kaco adalah sebuah danau air tawar yang sumber airnya berasal dari sungai kecil yang menyatu dan membentuk sebuah danau kecil. Luas danau ini sekitar 35×35 meter, wlaupun ukurannya relatif kecil tetapi keindahan, kejernihan air, biru menyala airnya begitu menabjubkan, untuk kedalaman Danau Kaca memiliki kedalaman kurang lebih 20 meter. Meskipun sangat dalam namun kita tetap dapat melihat dasar danau tersebut hal tersebut di karnakan air yang begitu jernih.

Dimana lokasinya..?

Danau Kaco berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, tepatnya di Desa Lempur Mudik, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Danau Kaco berada di ketinggian 1.250 meter dari permukaan laut, sehingga udara di Danau Kaco relative sejuk dan sangat nyaman untuk berekreasi disaat di sela-sela kesibukan

Bagaimana cara ke Danau Kaco..?

Untuk ke Danau ada 2 alternatif jalan, yang pertama yaitu dari arah utara melalui Kota Padang ke Kota Sungai Penuh dengan waktu tempuh antara 5 – 6 jam perjalanan menggunakan mini bus, alternative ke dua yaitu melalui jalur selatan dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh dengan waktu tempuh antara 11 – 12 jam perjalanan juga menggunakan mini bus. Setelah sampai di Kota Sungai Penuh kemudian di lanjutkan menuju Desa Lempur di butuhkan waktu sekitar  2 jam perjalanan menggunakan angkot. Dari Desa Lempur dapat di lanjutkan dengan berjalan kaki  kurang lebih 2 –  2,5 jam dengan menyusuri jalan setapak masuk kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat, bagi yang berkunjung selama dalam perjalanan kita di suguhkan panorama indah hutan hujan tropis yang masih asri serta pepohonan rindang.

Apa yang bisa di lakukan..??

Banyak hal yang dapat di lakukan selain hanya menatap keindahan Danau Kaco yang tidak ada bosan-bosannya untuk di lihat. Anda dapat mengamati banyaknya ikan di danauu yang terlihat jinak berlenggak-lenggok seakan-akan mengajak anda untuk bermain, kemudian anda dapat menjelajahi area sekitar danau yang tidak kalah elok untuk melihat berbagai jenis burung-burung, beberapa jenis anggrek serta ada beberapa rumpun pohon bamboo.