Danau Gunung Tujuh, Menagih Janji di Danau Kaldera Tertinggi

Danau Gunung Tujuh – Danau ini terletak di Desa Pelompek Kabupaten Kerinci – Jambi Kecamatan Kayu Aro. Panorama yang indah ini berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara. Memiliki panorama yang menakjubkan menjadi hal yang mesti dipertimbangkan untuk menuju tempat wisata ini jika menghabiskan liburan di Kabupaten Kerinci. Dengan ketinggian 1.950Mdpl pasti tak terbayangkan betapa dingin jika kita hendak menyentuhnya.

Danau vulkanik nan menawan yang terbentuk karena letusan gunung api. Letusan itu menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air sehingga menjadi sebuah danau. Bayangkan, Kita menelusuri danau seluas 12.000mmenggunakan canoe (perahu) menagih janji untuk menikmati keindahan alam pastinya semua akan dibayar saat kita berada disini.

Geografi

Danau Gunung tujuh dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl).

Akses Ke Danau Gunung Tujuh

Untuk mencapai danau ini memang butuh perjuangan. Tepatnya di Desa Pelompek Kecamatan Kayu Aro setiap pendaki bisa langsung menuju pos penjagaan (Gerbang masuk TNKS). Sesampai di gerbangsetiap pendaki wajib lapor. Kemudian membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 jam itupun tergantung level fisik masing-masing untuk menelusuri hutan hingga sampai ke objek wisata ini.

Misteri Danau Gunung Tujuh

Menurut mitos danau ini merupakan danau para dewa yang dihuni oleh makhluk halus yang berwujud harimau dan sepasang naga. Terlepas benar atau tidak mitos tersebut namun danau ini memang takjub untuk disentuh karena memiliki sejuta pesona yang memanjakan mata maupun pikiran.

Baca Juga: Danau Kaco

Hal yang dinikmati

Pastinya banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini. Camping merupakan kegiatan yang pada umumnya pendaki lakukan, menikmati suasana malam dan matahari terbit di pagi hari. Bercengkrama dengan pesona alam menjelajah danau menggunakan perahu atau berjalan kaki jika mampu. Berfoto untuk mengabadikan kenangan bersama teman maupun keluarga. Bertemu dengan wajah-wajah baru karena banyak wisatawan dari luar kota maupun mancanegara yang melakukan kegiatan camping maupun penelitian di danau ini.

Tips

  1. Bawalah peralatan jika ingin camping seperti tenda, peralatan logistik, jacket dan lain-lain
  2. Bawalah pemandu jika belum pernah kesini
  3. Pastikan Siap Fisik dan Mental
  4. Jangan takabur
  5. Gunung bukan tempat sampah, begitu juga di danau gunung tujuh. Jangan buang sampah sembarangan.
  6. Tagihlah Janji tentang keindahan pesona alam disini. semua pasti akan terbayar jika kita menuju objek wisata yang menjadi objek favorite bagi para pendaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *